Sabtu, 11 Maret 2017

KPU-Bawaslu DKI Bertemu Ahok-Djarot, ACTA Khawatir Ada Mobilisasi Pemilih Ilegal

sumber : okezone.com | idnmagazine.com
IDNMagazine.Politik - Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Krist Ibnu mengaku khawatir atas pertemuan tertutup tim sukses pasangan calon nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dengan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Sumarno beserta anggotanya Dahlia Umar dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta, Mimah Susanti di Hotel Novotel, Mangga Dua, Jakarta Barat, kemarin

"Kami khawatir pertemuan tersebut membahas rencana pembengkakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada putaran kedua mendatang," ujarnya, Jakarta, Jumat (10/3/2017).

Dia menuturkan, kekhawatiran tersebut berdasarkan dengan klaim kubu Ahok-Djarot pada putaran pertama yang mengutarakan banyak pemilih yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya, karena tidak terdaftar. Padahal, di sisi lain, menurut pengamatan ACTA, kecurangan Pilgub DKI Jakarta terletak pada mobilisasi pemilih ilegal yang patut diduga hendak dilakukan pasangan Ahok-Djarot bersama Ketua KPUD dan Bawaslu.

"Menurut pengamat kami, justru potensi terbesar kecurangan Pilgub DKI Jakarta adalah mobilisasi pemilih ilegal," tuturnya.

Dia juga menambahkan, penyusunan DPT baru yang tidak sesuai jadwal, tidak transparan dan tidak cermat dipastikan akan meningkatkan jumlah pemilih ilegal.

Krist berharap Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) segera melakukan penyelidikan terhadap perbuatan ketiga orang penyelenggara pemilu tersebut.

"Ya, DKPP segera menyidangkan dan menyatakan Ketua KPU DKI bersalah, dengan harapan dipecatlah dia menjadi Ketua KPU DKI," ungkapnya.

sumber : okezone.com

SHARE THIS

Author:

0 comments: