Sabtu, 28 Januari 2017

Segera Kenalilah Gejala Henti Jantung dan Serangan Jantung!

sumber : okezone.com | idnmagazine.com
IDNMagazine.Lifestyle - HENTI jantung dan serangan jantung memiliki gejala yang berbeda. Tak hanya dari titik masalahnya, secara kasat mata ada perbedaan yang nyata untuk membedakan seseorang apakah ia terkena henti jantung atau serangan jantung. 

Dr Jeffrey Wirianta, SpJP, FIHA, seorang interventional cardiologist, memberi trik mengidentifikasi pasien yang mengalami henti jantung. Biasanya pasien mengalami henti jantung tidak menimbulkan gejala signifikan. Gejala bisa dilihat ketika kejadian berlangsung. 

"Meninggal mendadak akibat jantung atau henti jantung, gejalanya adalah tiba-tiba pingsan, menggelepar, jantung enggak bisa memompa, aliran darah ke kepala berhenti," tutur dr Jeffry di RS Jantung Diagram, Cinere, Depok, Kamis (26/1/2017). 

Umumnya, henti jantung diikuti oleh gejala napas berhenti dalam hitungan detik. Kemudian, denyut nadi tak teraba lagi dan tekanan darah nol. Cukup berbeda dengan gejala serangan jantung yang bisa dipantau sebelum gejala terjadi. 

Biasanya pasien yang akan mengalami serangan jantung mengalami nyeri di area sekitar dada dan diiringi dengan kesulitan bernapas. 

"Serangan jantung gejalanya sakit di dada, seperti tertekan, tertusuk, terbakar, menyebar ke bahu kiri, dan leher. Itulah khas serangan jantung. Serangan jantung ditandai dengan keringat dingin, mual, dan gejala lainnya.," tambah dr Jeffry. 

Melihat dampaknya yang cukup fatal, setiap orang bisa menghindari henti jantung dan serangan jantung. Dr Jeffry mengingatkan agar kita perlu menjalani gaya hidup sehat, tidak merokok, dan menjalani aktivitas fisik.

sumber : okezone.com

SHARE THIS

Author:

0 comments: