Selasa, 17 Januari 2017

Gempa dengan kekuatan 5.6 SR guncang Sumatera Utara, tidak berpotensi Tsunami


IDNMagazine.Peristiwa - Senin 16 Januari 2017 tepatnya pada pukul 19.42 WIB, wilayah Sumatera Utara diguncang gempa bumi tektonik. Analisis pendahuluan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M=5.6 dengan episenter pada koordinat 3,33 LU dan 98,46 BT, tepatnya di darat pada jarak 28 KM arah barat daya Deli Serdang, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan daerah Sibolangit dengan intensitas sekitar III SIG-BMKG atau setara dengan VI MMI, Medan II SIG-BMKG (IV-V MMI), sedangkan tuntungan, Tebing Tinggi, Pematang Siantar intensitasnya II SIG-BMKG (II-IIIMMI). Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan.

Gempa bumi yang terjadi di barat daya Deli Serdang, Sumatera Utara ini jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempabumi dangkal dan mempunyai mekanisme sesar mendatar. Hal ini berarti gempa bumi ini terjadi akibat aktivitas sesar lokal. Dengan kedalaman yang dangkal ini, sangat wajar jika guncangan akibat gempa ini dirasakan tidak terlalu luas.

Hasil Monitoring BMKG hingga saat ini sudah terjadi 9 kali gempa bumi susulan dengan kekuatan lebih kecil dari gempa utamanya. Untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi dari BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai barat Sumatera Utara dan sekitarnya dihimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

sumber : InfoBMKG


SHARE THIS

Author:

0 comments: