Kamis, 26 Januari 2017

Anies : 'Ahok membangun infrastruktur tidak sesuai dengan program pembangunan'

sumber : merdeka.com | idnmagazine.com
IDNMagazine.Politik - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 Anies Baswedan menilai Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) belum maksimal dalam melaksanakan pembangunan di Jakarta. Salah satunya mengenai pembangunan infrastruktur di Jakarta.

Menurut Anies, Ahok membangun infrastruktur tak sesuai dengan program pembangunan yang dilakukan. Tak hanya itu, pembangunan infrastruktur tersebut pun dibuat hanya untuk warga menengah ke atas. 

"Infrastruktur yang direncanakan apa yang dibangun apa. Dibangun untuk siapa itu yang harus dijawab. Karena kota ini untuk semua. Jadi, nanti bisa dilihat pemerintah berpihak kepada kelompok yang mana," kata Anies di Jakarta, Rabu (25/1). 

"MRT naiknya siapa? Yang ke kantor," ucap Anies.

"Jadi, uang yang sama diberikan ke siapa menunjukkan keberpihakan kepada siapa. Infrastruktur itu dibangun dengan baik tapi yang merasakannya siapa itu yang harus dikaji," sambung Anies. 

Dia menilai apabila alokasi dana yang sama diberikan untuk peremajaan transportasi massal yang lain akan lebih baik. Sebab yang juga membutuhkan subsidi transportasi adalah warga Jakarta menengah ke bawah. 

"Gimana dengan angkot, kenapa enggak peremajaan angkot dan bus kota. Jadi jangan sampai kita hanya menilai yang ini bagus atau enggak tapi harusnya dibandingkan dengan yang seharusnya," jelas Anies. 

Anies juga menilai peningkatan jumlah bus TransJakarta tak sejalan dengan jumlah peningkatan warga yang berpindah ke transportasi massal. 

"Bahkan kalau bicara transportasi bus kita tambahnya lebih dari 100 persen selama 2 tahun. Tapi jumlah penumpang yang pindah ke transportasi umum hanya 6 persen. Padahal uang yang masuk dahsyat," kata Anies.

Menurut Anies dalam menilai kinerja pemerintah seharusnya dilakukan secara objektif. Seperti melihat dari laporan kinerja pemerintah (lakip) yang dikeluarkan oleh Kementerian Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (Kemenpan RB) 

"Dalam menilai Kinerja Pemerintah objektif, bisa dilihat dari lakip (laporan kinerja pemerintah) yang diselenggaeakan oleh Kemenpan RB. Jadi itu bisa objektif karena diselenggarakan oleh Kemenpan," tutup Anies.

sumber : merdeka.com

SHARE THIS

Author:

0 comments: