Senin, 19 Desember 2016

Sudahkah Anda Memenuhi Waktu Tidur Ideal Menurut Jenjang Usia?

sumber : okezone.com | idnmagazine.com
IDNMagazine.Lifestyle - BERAPA jam waktu tidur ideal yang kita butuhkan? Jawaban yang sederhana, 'tergantung'. Tidak ada durasi tidur sempurna bisa dilakukan oleh semua orang. National Sleep Foundation memperbarui pedoman waktu tidur ideal, sesuai dengan usia seseorang. 

0 - 3 bulan 

Untuk bayi yang berusia 0 -3 bulan dibutuhkan waktu tidur sekira 14 - 17 jam setiap hari. Bayi yang baru lahir perlu banyak tidur dibandingkan orang dewasa, untuk mendukung perkembangan mental dan fisik mereka. 

4 - 11 bulan 

Bertambahnya usia baru, waktu tidur mereka berkurang. Mulai dari bulan keempat, bayi membutuhkan tidur 12 - 15 jam setiap hari. 

1 - 2 tahun 

Setidaknya balita di usianya perlu tidur 11- 14 jam setiap hari. Memasuki masa balita, kebutuhan tidur anak secara bertahap akan berkurang. Pada titik ini, ia harus tidur lebih banyak tidur di malam hari, ketimbang di siang hari. 

3 - 5 tahun 

Masa prasekolah, anak membutuhkan waktu tidur 10 - 13 jam. Biasanya anak akan mulai senang bermain dan tidur lelap di malam hari. Semakin usianya bertambah, semakin pula jam tidurnya berkurang. 

6 - 13 tahun 

Setidaknya anak harus tidur 9 - 11 jam dalam sehari. PR dan perangkat elektronik membuat anak-anak agak kesulitan mengatur jam tidurnya. Oleh karenanya, perlu bantuan orangtua agar anak terbiasa tidur sesuai dengan jadwal. 

14 - 17 tahun 

Remaja butuh waktu 8 - 10 jam setiap harinya. Memang tak sedikit remaja memiliki pola tidur yang tidak teratur. Mereka biasanya tetap terjaga larut malam. Hal ini bisa memengaruhi jam biologis remaja dan kualitas tidur mereka. 

18 - 25 tahun 

Pada dewasa muda, sedikitnya mereka membutuhkan waktu tidur 7 -9 jam setiap harinya. Jam kerja yang terkadang tidak teratur, bisa saja membuat mereka tidak bugar saat jalankan aktivitas di siang hari. 

26 - 64 tahun 

Sama dengan dewasa muda, orang dewasa butuh waktu 7 - 9 jam untuk tidur dengan lelap. Mereka membutuhkan waktu tidur. Semakin dewasa, semakin banyak seseorang kehilangan sel-sel di dalam tubuhnya dan menyebabkan ia kesulitan tidur. 

65 tahun ke atas 

Sayangnya, banyak orang dewasa tua mengalami susah tidur. Paling sedikit, orangtua membutuhkan waktu 5 jam saja. Sebenarnya, mereka perlu waktu 7 - 8 jam untuk memenuhi waktu tidur ideal. Demikian disadur dari Timesofindia, Minggu (18/12/2016).

sumber : okezone.com

SHARE THIS

Author:

0 comments: