Senin, 07 November 2016

Selain Raja Ampat, 7 tempat wisata di Papua ini juga tidak kalah indahnya

IDNMagazine.Travel - Jika kamu berpikir tempat wisata alam Indonesia tak lebih menarik dari negara-negara di Eropa sana, anda bisa mencoba berkunjung ke tanah papua. Pulau yang terletak paling timur Indonesia ini memiliki segala keindahan alam yang tak ada habisnya. Salah satu tempat wisata di Papua ini adalah Raja Ampat. Tak hanya dikenal karena alamnya, Papua juga menyimpan keatifan budaya lokal yang masih bertahan di zaman serba modern ini.

Nah, selain Raja Ampat apa-apa saja sih tempat wisata alam lainnya yang pastinya tidak kalah indahnya dengan Raja Ampat. berikut rangkuman 7 tempat wisata di Papua yang harus kamu kunjungi:

1.Taman nasional Teluk Cenderawasih
Taman nasional teluk cenderawasih | idnmagazine
Taman nasional ini memiliki luas 1.453.500 hektar, hampir 90% taman ini berupa perairan. Disini terdapat 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan yang bisa anda saksikan di alam bawah lautnya. Tak jarang kura-kura, penyu, hiu, dan lumba-lumba juga ikut menemani anda saat menyelam.

Selain menikmati alam bawah lautnya, anda juga bisa menjelajahi pulau-pulaunya. Pulau Mioswaar merupakan salah satu pulau di tempat di tempat wisata di Papua ini memiliki gua dengan sumber air panas dengan kandungan belerang yang layak anda kunjugi. Selain pulau Mioswaar, masih ada pulau Yoop, Pulau Numfor, Pulau Nusrowi dan pulau-pulau lainnya yang tidak boleh anda lewatkan.

2.Danau Sentani
Danau sentani | idnmagazine
Jika di Sumatera ada Danau Toba, di Papua ada Danau sentani. Danau ini berada 50 km dari pusat kota Jayapura. Ini merupakan danau terluas dan terbesar di Papua dengan luas 9.000 hektar lebih.

Danau Sentani menawarkan keindahan yang luar biasa, Sedikitnya ada 21 pulau yang menghiasi danau dengan ketinggi 75 meter di atas permukaan laut ini. Tentunya ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan disini mulai dari berenang, memancing, menyantap kuliner di sekitar danau sampai menyewa perahu untuk berkeliling danau.

Dalam danau ini ada sekitar 30 spesies ikan air tawar. Setiap tahuunya, tepatnya pada bulan Juni akan ada Festival Danau Sentani. Akan ada atraksi dari suku-suku lokal, tarian khas Papua, sampai dengan kegiatan lainnya.

3.Danau Paniai
Danau paniai | idnmagazine
Danau ini juga tidak kalah menarik dari Danau Sentani, Danau ini bahkan juga disebut Danau Terindah pada konferensi Danau se-Dunia di India pada tanggal 30 November 2007 yang diikuti 157 negara.

Danau ini berada pada ketinggi 1.700 meter di atas permukaan laut dengan luas 14.500 hektar. Saat senja, pemandangan di tempat wisata ini sangat indah. Disini anda bisa melihat siluet tebing-tebing, burung-burung, berterbangan diatas danau ditambah perahu nelayan setempat yang mulai merapat pulang ini menambah kesan keindahan dari Danau Paniai ini.

4.Pulau Rumberpon
Pulau rumberpon | idnmagazine
Jika Raja Ampat dijuluki sebagai surga besar, maka Pulau Rumberpon adalah surga kecilnya. Pulau ini terletak di Teluk Wondama atau 5 jam perjalanan dengan kapal dari Manokwari. Tidak perlu khawatir, Setelah anda sudah sampai ke pulau ini. Lelahnya perjalanan akan terbayar dengan indahnya pantai berpasir putih yang bernama Pantai Panjang, pulau ini juga dihiasi pohon Magrobe dan padang ilalang.

Di tempat ini, anda bisa melakukan kegiatan andalan seperti menyelam, snorkeling, berenang dan memancing. Jika anda ingin pengalaman yang berbeda, anda juga bisa mencoba mengunjungi hutan bakau yang ada di pesisir lan di pulau ini.

Selain itu di area pulau ini juga ada banyak homestay yang bisa didatangi. Jika anda bosan bermain air, anda juga bisa melihat-lihat satwa yang bebas berkeliaran seperti burung rusa, elang laut, dan masih banyak lagi tentunya.

5.Lembah Baliem
Lembah baliem | idnmagazine
Lembah Baliem ini merupakan tempat tinggal suku Dani, Yali dan Lani yang terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya. Lembah ini berada di ketinggian 1.600 meter diatas permukaan laut membuat suhu ditempat ini bisa mencapai 10-15 derajat Celcius pada malam hari.

Disini anda bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan suku asli yang masih menggunakan koteka bagi pria dan rok rumbai bagi perempuannya.

Pada bulan Agustus, disini selalu diadakan Festival Lembah Baliem. Festival ini diadakan sebenarnya merupakan cara pemerintah untuk menghapuskan perang antar suku yang sering terjadi disini. Tentunya dengan adanya Festival ini wisatawan dari segala penjuru banyak berdatangan.

6.Pantai Bosnik
Pantai bosnik | idnmagazine
Pantai Bosnik ini terletak di desa Woniki, 15 km dari pusat kota Biak Timur. Pantai ini menyajikan pemandangan sempuran yang siap untuk kita potret berkali-kali. Keindahan pantai yang dihiasi pasir putih dan deretan pohon kelapa yang tidak akan mungkin bisa anda lupakan, Serta pemandangan bawah laut yang dihiasi berbagai jenis terumbu karang.

Tempat wisata ini cocok sekali untuk bersantai bersama keluarga. Dengan membayar 10.000 rupiah saja, anda sudah bisa menikmati keindahan pantai yang terletak di Desa Woniki ini. Anda juga bisa menyewa saung dengan harga 50.000 rupiah dan menikmati es kelapa muda segar.

7.Air Terjun Wafsarak
Air terjun wafsarak | idnmagazine
Air terjun ini terletak jauh dari kota Biak karena harus menempuh 2 jam perjalanan, air terjun ini berasa seperti milik pribadi. Dengan tinggi 10 meter, lokasinya cukup landai. Suara gemersik air sangat menyenangkan. Ditambah tempat ini cukup sepi. Sebab penduduk sekitar sangat menjaga kebersihan di tempat wisata ini. Sehingga air terjunnya bewarna biru-kebiruan dan udaranya masih sejuk.

Semoga artikel ini membantu anda dalam memilih tempat wisata alam di Indonesia :)

SHARE THIS

Author:

0 comments: