Senin, 21 November 2016

Mendagri : 'Semoga kasus korupsi e-KTP bisa segera diselesaikan KPK'

sumber : kompas.com | idnmagazine.com
IDNMagazine.News - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terus berusaha mengusut pelaku korupsi Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Dia berharap kasus itu dapat diselesaikan.

"Saya apresiasi KPK cepat bekerja, mudah-mudahan dapat diselesaikan," kata Tjahjo di Samarinda, Sabtu (20/11/2016).

Tjahjo memahami perlu waktu yang tidak sebentar bagi KPK. Sebab, kata dia, KPK tengah mengejar penikmat kerugian negara dalam jumlah besar.

"Terserah mau lima tahun lagi mau 10 tahun lagi terserah, yang penting kasus ini diusut tuntas. Karena secara psikologis akan ganggu teman-teman yang kerja," ucapnya.

Tjahjo menuturkan, telah memerintahkan stafnya untuk terbuka dan kooperatif kepada KPK. Jika diperlukan, lanjut dia, Kemendagri terbuka untuk menyediakan data

"Kalau diperlukan data kita harus terbuka, harus bicara apa adanya supaya kasus ini selesai," ujar Tjahjo.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarief mengakui pihaknya kesulitan mengungkap karut-marut dalam korupsi e-KTP.

"Memang agak melelahkan. Ini baru intensif sejak zaman kami ini," kata Laode di gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/11/2016).

Laode menuturkan, KPK telah meminta keterangan dari banyak pihak. Meski demikian, ia pesimistis kasus ini akan selesai pada akhir 2016.

"Saya pastikan e-KTP tidak bisa diselesaikan semua tahun ini. Tahun depan ada," kata Laode.

sumber : kompas.com

SHARE THIS

Author:

0 comments: