Jumat, 28 Oktober 2016

Pelajari beberapa tips mengatur keuangan ini agar keluargamu semakin bahagia!

idnmagazine.com
IDNMagazine.Lifestyle - Kebutuhan rumah tangga memang nggak ada habisnya. Tapi, bukan berarti Anda dan keluarga tidak bisa mengaturnya lebih bijaksana. Tips berikut bisa dicoba, biar keluarga makin bahagia.

Dahulukan prioritas

Kebutuhan rumah tangga memang beraneka ragam. Tapi, semuanya masih bisa diatur berdasarkan skala prioritas utama. Lebih baik, buat daftar kebutuhan utama seperti biaya listrik, air, biaya sekolah anak, transportasi hingga belanja bulanan. Kebutuhan entertainment seperti jalan-jalan atau liburan, tidak harus selalu dianggarkan setiap bulannya kok.

Yang terpenting dalam penyusunan daftar prioritas ini adalah harus konsisten dengan keputusan yang dibuat. Sisihkan juga untuk kebutuhan darurat, jika terjadi hal yang belum diprediksi sebelumnya.

Terapkan gaya hidup sehat dan hemat

Gaya hidup sehat nggak harus mahal kok. Bahkan, gaya hidup ini malah bikin keuangan keluarga jadi makin hemat. Misalnya, dengan kebiasaan memasak membawakan suami dan anak bekal. Hal ini bisa mengurangi biaya uang saku, bukan? Makanan rumah yang terjamin gizi dan kebutuhan nutrisinya juga lebih sehat dikonsumsi. Risiko sakit juga makin berkurang.

Menabung untuk investasi

Dalam mengatur keuangan keluarga, jangan hanya berpikir tentang tabungan bulan ini saja. Perlu juga diatur untuk investasi jangka panjang. Misalnya saja berupa deposito, reksa dana, emas, properti atau yang lainnya. Berbagai jenis investasi ini penting dimiliki, untuk keuangan keluarga yang lebih baik lagi di masa depan.

Berikan perlindungan pada keluarga

Kebahagiaan keluarga bisa meliputi berbagai macam hal, salah satunya dengan melihat anggota keluarga selalu sehat dan aman.

sumber : merdeka.com

SHARE THIS

Author:

0 comments: