Kamis, 06 Oktober 2016

Laga kontra Italia jadi penentu status Timnas Spanyol di persepakbolaan dunia


IDNMagazine.Bola - Pelatih Timnas Spanyol, Julen Lopetegui, menjadikan laga kontra Italia di matchday kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2018 menjadi penentu status Spanyol di persepakbolaan dunia. Lopetegui ingin melihat perkembangan skuadnya setelah gagal di Piala Dunia 2014 dan Piala Eropa 2016.

Di Piala Dunia 2014 dan Piala Eropa 2016, kursi kepelatihan Spanyol tidak dipegang Lopetegui, melainkan Vicente del Bosque. Saat itu, Spanyol tersingkir di fase grup Piala Dunia dan terdepak di babak 16 besar Piala Eropa.

Terpuruknya di dua turnamen itu membuat peringkat FIFA melorot tajam. Dari yang awalnya menempati posisi satu, saat ini La Furia Roja –julukan Spanyol– menduduki tangga ke-11.

Karena itu, Lopetegui yang ditunjuk menggantikan Del Bosque pada musim panas 2016 melakukan beberapa perubahan. Salah satunya dalam segi komposisi pemain, yang mana mantan pelatih Timnas Spanyol U-19 dan U-21 itu mengandalkan pesepakbola muda macam Koke dan Isco Alarcon.

Di era Del Bosque, Koke hanya menjadi pemain pelapis, sementara Isco bahkan tak disertakan dalam skuad Piala Eropa 2016. Karena itu, Lopetegui ingin melihat perkembangan timnya di laga kontra Italia. Jika mampu mengalahkan Gli Azzurri –julukan Italia, setidaknya Spanyol sudah layak kembali disejajarkan dengan Raksasa Eropa macam Jerman dan Prancis.

“Kami sedang melakukan pendekatan mental yang diharapkan dapat memberikan kami kemenangan. Laga nanti bukanlah penentu, namun dapat membantu kami mendapatkan status kami,” tegas Lopetegui mengutip dari Football Italia, Kamis (6/10/2016).

SHARE THIS

Author:

0 comments: