Sabtu, 22 Oktober 2016

Beberapa fakta tentang penyakit batu ginjal yang tidak diketahui banyak orang


IDNMagazine.Kesehatan - Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah suatu kondisi ketika material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.

Endapan batu di dalam ginjal bisa disebabkan oleh makanan atau masalah kesehatan lain yang mendasari. Berdasarkan jenisnya, batu ginjal dibagi menjadi empat, yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin.

Saat seseorang terkena batu ginjal, hal yang paling sering dia rasakan adalah sakit saat buang air kecil, rasa sakit di perut, mual, menggigil, dan demam. Selain rasa sakit yang ditimbulkan, berikut adalah fakta lainnya yang harus kamu tahu tentang penyakit batu ginjal.

Rasa sakit karena batu ginjal tidak disebabkan saat batu menusuk dinding ginjal. Namun rasa sakit ini disebabkan saat batu ginjal terjebak di saluran kemih saat tubuh berusaha mengeluarkannya.

Menurut sebuah penelitian ketika kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan oksalat seperti selai kacang, cokelat, bir, atau kopi maka kamu akan lebih rentan terkena batu ginjal.

Iklim terkait dengan penyakit batu ginjal. Masyarakat yang tinggal di daerah yang lebih panas rentan terkena batu ginjal sebab mereka lebih mudah terkena dehidrasi.

Secara mengejutkan, hubungan seksual bisa membantu menghilangkan batu ginjal sebab sejumlah kecil oksida nitrat yang diproduksi tubuh saat berhubungan seks bisa melebarkan saluran kemih untuk mengeluarkan batu ginjal.

Mengonsumsi suplemen tinggi kalsium juga bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu jika kamu membutuhkan suntikan kalsium, lebih baik konsumsi kalsium yang alami seperti dari susu sapi.

Terakhir, ada cara mudah untuk membersihkan ginjal dan mencegah pembentukan batu ginjal yaitu minum air hangat yang dicampur dengan lemon setiap pagi.

SHARE THIS

Author:

0 comments: