Kamis, 15 September 2016

Topan Meranti Hantam Taiwan yang Paling Parah di Tahun Ini


IDNMagazine - Wilayah Taiwan terjadi Topan Meranti, puluhan ribu tempat tinggal kehilangan tenaga listrik di seluruh pulau Taiwan ketika dihantam oleh Topan Meranti yang merupakan terkuat sepanjang tahun ini.

Seperti yang dilaporlkan oleh Reuters, Rabu 14 September 2016, Biro Prakiraan Cuaca Taiwan memperingatkan topan ini masuk kategori 5 yang mengancam sejumlah kota di bagian selatan negara tersebut, termasuk Kaohsiung dan Hualien.

Topan Meranti yang kekuatannya hingga membawa angin kencang dengan kecepatan 216 kilometer per jam. Warga melaporkan sejumlah dampak awal topan ini, yakni mulai dari pepohonan tumbang hingga kabel-kabel listrik terputus alirannya.

Sementara Pusat Operasi Darurat Taiwan dalam pernyataannya melansir, sedikitnya lima orang terluka akibat terjangan Meranti. "Kerusakan akibat Meranti terus meningkat diTaiwan. Kerugian mungkin tak dapat dihindari, namun kami berusaha meminimalkan korban," kata Juru bicara Pusat Operasi Darurat Taiwan, Li Wei-sen. 


"Topan ini merupakan topan terkuat di dunia sejauh ini, untuk tahun ini," terang juru bicara Biro Prakiraan Cuaca Taiwan, Hsieh Pei-yun.

Sedikitnya 1.500 warga setempat dievakuasi dari rumah masing-masing. Sekolah dan kantor tutup dan sejumlah besar penerbangan juga dibatalkan akibat topan kali ini termasuk seluruh penerbangan di bandara Kaohsiung.

Pada badan Prakiraan Cuaca Taiwan mengatakan warga akan merasakan dampak besar topan Meranti sepanjang Rabu (14/9) hingga Kamis (15/9) hari ini. Dari wilayah Taiwan, topan Meranti akan bergerak ke wilayah China.

Topan Meranti diprediksi akan menerjang wilayah Guangdong dan Fujian, China bagian selatan pada Kamis (15/9) hari ini. Otoritas kedua wilayah tersebut telah bersiap dan membatalkan sejumlah layanan kereta serta memerintahkan evakuasi warga.

SHARE THIS