Rabu, 14 September 2016

Jembatan Gantung Air Nipis Ambruk, Ratusan Warga Tercebur ke Sungai

IDNMagazine - Jembatan gantung Air Nipis Desa Lubuk Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan yang dijadikan lokasi tamasya warga saat libur Idul Adha ambruk. Akibatnya ratusan warga Kecamatan Air Nipis tercebur ke dalam Sungai Aliran Nipis.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu Selatan Akhmad Nizar, jembatan gantung sepanjang 30 meter itu tidak mampu menahan beban ratusan warga yang menaikinya. Saat kejadian, hujan mulai turun sehingga warga berebut untuk menyeberang.

"Kejadiannya siang hari saat banyak warga yang menikmati aliran sungai di bawahnya berada di atas jembatan kayu itu. Ditambah lagi fisik jembatan mungkin sudah tua,"

Akibat adanya goncangan yang kuat dan tali penambat jembatan pada sisi sebelah barat terputus, dan jembatan pun ambrik ke sungai. "Semua yang ada di atas jembatan tercebur ke sungai, jumlahnya ratusan orang," kata Akhmad, Selasa (13/9/2016).

Dalam peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, hanya empat orang warga mengalami luka ringan.

Aliran sungai yang sangat deras tidak bisa dilalui kendaraan, sehingga warga terpaksa menggunakan rakit bambu untuk menyeberang sungai. "Saat ini jalan penghubung antara areal perkebunan dan dusun terputus total," tegas Akhma.


SHARE THIS