Jumat, 22 Juli 2016

SMRC : " Siapa pun yang mencalonkan, Ahok akan tetap menjadi pemenang Pilgub DKI "


IDNMagazine.Politik - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan survei untuk mengetahui siapa calon terkuat dalam Pilgub DKI 2017 mendatang. Dari hasil survei SMRC dengan sampel sebanyak 820 orang warga DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) calon terkuat yang dipilih warga dibanding calon lain.

"Bila Ahok menjadi calon, siapapun yang mencalonkannya, peluang Ahok terpilih jauh lebih besar dibanding calon lainnya," ujar Dirut Program SMRC Sirojudin Abbas di kantor, Jalan Cisadane, Jakarta, Kamis (21/7).

Dari hasil survei ini, warga DKI tak mempersoalkan Ahok berasal dari kalangan mana dan dari agama apa.

"Yang penting Ahok menjadi calon dan kemungkinan besar ia akan dipilih mayoritas ketika survei diadakan," tuturnya.

Menurut Sirojudin, survei kali ini naik signifikan dibanding survei bulan Agustus 2015. Elektabilitas Ahok naik cukup tinggi senada dengan penilaian warga DKI Jakarta terhadap kinerja Ahok.

"Dalam simulasi spontan, elektabilitasnya naik 12,2 persen. Dan dalam simulasi semi terbuka naik 16,2 persen," jelas Sirojudin.

Warga DKI bahkan menginginkan Ahok kembali memimpin DKI dengan presentase sebesar 59 persen, sedangkan dalam survei di bulan Agustus 2015 baru 49 persen.

Survei SMRC dilakukan kepada 24-29 Juni 2016. Populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia di provinsi DKI Jakarta yang punya hak pilih dalam pilgub DKI, Februari mendatang.

Dalam survei ini, jumlah sampel yang diacak sebanyak 820 orang, dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error diperkirakan kurang lebih 3,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

sumber : merdeka.com

SHARE THIS

Author:

0 comments: