Kamis, 21 Juli 2016

Kenali beberapa hal ini yang menjadi penyebab bibir anda kering


IDNMagazine.Kesehatan - Sering sekali kita temui orang-orang yang memiliki bibir yang kering, anda bisa mencoba beberapa hal ini agar hal yang sama tidak terjadi terhadap bibir anda. Berikut ini adalah hasil rangkuman IDNMagazine dari berbagai sumber-sumber : 

1. Gunakan Pelembab Bibir

Cara lain mengatasi bibir kering dan pecah ialah dengan rajin mengaplikasikan pelembab bibir atau lip balm. Pilih lip balm yang kaya dengan moisturizer, mengandungi minyak semulajadi serta terdapat label SPF (sun protecting factor) ataupun Vaseline (petroleum jelly). Kandungan tersebut boleh merawat bibir daripada sinar matahari yang merupakan salah satu penyebab bibir kering.

2. Jangan Suka Menjilat Bibir!

Jika ada suka menjilat bibir, hentikan ya! Ia akan memperburukkan lagi keadaan kulit bibir anda. Air liur yang mengandung enzim melekat akan membuatkan bibir anda menjadi semakin kering. Jadi, hindarinya!

3. Elakkan Makanan Pedas & Masin

Mulai saat ini, hindari mengonsumsi makanan pedas dan terlalu masin. Kedua jenis makanan ini dapat menyebabkan bibir dan mulut menjadi kering. Selain itu, makanan manis dan pedas juga akan membuatkan Anda menjadi cepat haus.

4. Hindari Bernafas dengan Mulut

Aliran udara yang keluar dar mulut boleh dapat membuat bibir kering. Untuk itu, biasakan diri untuk bernafas melalui hidung.

5. Hindari Minuman Berkafein

Jauhi minuman berkafien kerana kafein cenderung menghalangi manfaat air bagi tubuh. Kafein akan menghilangkan kelembapan. Jika Anda memerlukan minuman panas, lebih baik pilih teh herbal seperti teh hijau atau chamomile. Teh hijau mengandung antioksidan yang baik dan mampu membersihkan tubuh, sementara teh chamomile memberikan efek yang menenangkan.

6. Perbanyakan Pengambilan Sayuran & Buah-buahan

Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandungi vitamin E,C,A dan antioksidan. Selain menyembuhkan bibir kering, sayur dan buah dengan kandungan vitamin tersebut mampu melembapkan kulit.

7. Gunakan Madu & Minyak Zaitun

Madu dan minyak zaitun merupakan cara paling ampuh mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Oleskan madu atau minyak zaitun di bibir ketika hendak tidur. 

8. Katakan Tidak Pada Rokok!

Hindari merokok ketika kerana akan membuat bibir kelihatan hitam.

9. Khasiat Mentimun

Mentimun juga dapat menjadi pelembap bibir paling ampuh karena mentimun mengandungi banyak air yang dapat memberikan pelembab ekstra pada bibir. Caranya, potong mentimun. Kemudian letak di bibir dengan sedikit ditekan agar sari patinya keluar. Mentimun juga boleh membuatkan bibir anda kelihatan lebih lembut dan nampak kemerah-merahan.

10. Teknik Pengelupasan

Setelah menggosok gigi, perlahan sapukan sikat gigi ke atas bibir. Pastikan bibir Anda dalam keadaan basah. Hal ini berguna untuk membasmi sel-sel kulit mati yang ada di bibir.

sumber : okezone.com

SHARE THIS

Author:

0 comments: